Desa Sukawangi, Sukamakmur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16830

Desa Sukawangi merupakan sebuah desa yang terletak di Kabupaten Bogor bagian timur tepatnya di Kecamatan Sukamakmur. Kecamatan Sukamakmur sendiri merupakan pemekaran dari Kecamatan Jonggol, jadi jarang orang yang tau tentang keberadaannya ini, dan juga termasuk kedalam kategori Desa Tertinggal di Kecamatan Sukamakmur Kabupaten Bogor.

Desa Sukawangi berada di paling ujung Kabupaten Bogor dan berbatasan langsung dengan Kabupaten Cianjur, tepatnya dengan Desa Batulawang Kecamatan Cipanas Kabupaten Cianjur.

Curug Arca adalah obyek wisata alam yang terkenal dengan pesona perbukitan indahnya ini terletak di desa Sukawangi kecamatan Sukamakmur, Bogor yang berbatasan langsung dengan kecamatan cipanas Kabupaten Cianjur. Air terjun yang terbentuk secara alami ini memiliki ketinggian berkisar antara tujuh sampai delapan meter, selain itu letaknya yang berada di daerah perbukitan.

Informasi tambahan tentang curung Arca

Untuk menuju tempat ini pengunjung hanya mengikuti rute jalur alternatif jonggol, yaitu jonggol-ciherang-cipanas, sebaiknya tidak melalui rute gunung putri karena akan memutar, melewati jalan dayeuh akan bertemu persimpangan ambilah ke kiri ke arah cipanas lalu akan bertemu persimpangan lagi lalu ambilah ke kanan ke arah hutan pinus setelah akan sampai di jalan ciherang disini akan terlihat sederetan tempat wisata yaitu air terjun ciherang, cipamingkis, cisarua. Papan petunjuk berada di pinggir jalan jadi tidak akan sulit bagi anda untuk menemukan tempat ini, bahkan menuju air terjun dari pintu masuk hanya membutuhkan waktu lima menit saja.

Tips dan Saran
• Hindari perjalanan pada malam hari karena kurangnya penerangan jalan
• Waspadai tikungan selain tajam tidak ada pembatas jalan
• Jika musim penghujan berhati-hatilah terhadap longsor karena tempat ini merupakan         daerah perbukitan
• Bawalah perbekalan untuk menikmatinya bersama keluarga da teman. (Sumber Daday/Majalah Info Wisata Edisi Oktober 2017)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here