PESONA CURUG CIGAMEA
Jl. Curug Cigamea, Gn. Sari, Pamijahan, Bogor, Jawa Barat

Bogor juga mempunyai berbagai tempat wisata yang layak untuk ditelusuri, salah satunya Curug Cigamea yang terletak di Terletak di Desa Gunungsari, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, Propinsi Jawa Barat. Yang termasuk dalam kawasan Wisata Gunung Salak Endah di dalam Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS).

Curug Cigamea sendiri lokasinya sangat mudah sekali diakses. kalian dapat menempuhnya dengan kendaraan roda dua atauapun roda empat. Selain itu para penelusur bisa juga menggunakan kendaraan umum. Jarak dari Pusat Kota Bogor sendiri kurang lebih sekitar 38 kilometer dan dibutuhkan waktu kurang lebih selama 1, 5 jam untuk sampai di lokasi.
Ada empat jalur yang dapat digunakan oleh para penelusur untuk menuju kawasan Salak Endah. Jalur yang pertama yaitu jalur Cemplang (Cibungbulang)Pamijahan-Salak Endah. Jalur yang kedua yaitu jalur Cikampak-Salak Endah. Jalur yang ketiga yaitu Cibatok-Salak Endah dan jalur yang keempat yaitu jalur Tamansari-Gunung Bunder-Salak Endah.

Untuk tiket masuk ke lokasi air terjun sebesar Rp 3500/orang. Sedangkan untuk tiket masuk ke kawasan Wisata Gunung Salak Endah (GSE) seharga Rp 7000/orang dan sudah termasuk kendaraan roda dua. Cigamea sendiri berarti gemuruh. Curug Cigamea terdiri dari dua air terjun utama dengan karakter berbeda. Air terjun pertama lebih dekat dengan jalan masuk, dengan tebing curam menyerupai dinding dan
didominasi bebatuan hitam. Kolam limpahan air yang berada dibawahnya tidak terlalu dalam dan luas sehingga tidak bisa digunakan para penelusur untuk berenang.

Sementara itu air terjun yang kedua berjarak sekitar 30 meter dari air terjun pertama dan berada di celah tebing. Air terjun yang kedua ini mempunyai ketinggian sekitar 50 meter dengan aliran air yang turun semakin lebar membelah tebing bebatuan yang berwarna hitam kecoklatan serta tumpahan air yang cukup deras dibandingkan air terjun yang pertama. Kolam limpahan air yang ada di bawah air terjun kedua ini cukup luas dengan warna air yang biru kehijau-hijauan di bagian tengah kolam menandakan bagian tersebut cukup dalam, sehingga dapat digunakan para penelusur untuk berenang. Kedua air terjun tersebut memanglah sangat cantik sekali. Keduanya seperti air terjun yang kembar, walaupun kenyataannya terdapat perbedaan diantaranya keduanya yaitu ketinggian.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here