Desa Cikutamahi, Cariu, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16840

Jika Anda dan keluarga bosan dengan wisata kota, cobalah beralih ke wisata alam, suasananya akan sangat jauh berbeda. Selain udaranya yang juauh dari polusi, wisata alam menawarkan ketenangan. Cukup banyak wisata alam di Indoneia dan jaraknya tidak begitu jauh dari Ibu Kota. Salah satunya Curug Cimoas yang berada di Kampung Tonjong, Desa Cikutamahi, Kecamatan Cariu, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat.

Jarak tempuh dari Jakarta ke lokasi ini hanya sekitar tiga jam perjalanan dengan kendaraan pribadi, yaitu lewati Cibubur – Cilengsi -Jonggol, Kabupaten Bogor lanjut ke Desa Cikutamahi Kecamatan Cariu, Kabupaten Bogor, curug ini berada diperbatasan antara Kabupaten Bogor dan Kabupaten Karawang. Yang menjadi pembatasnya cuma sebuah jembatan, yaitu Jembatan Ciomas. Bagi yang suka wisata alam dan berpetualang, berkunjung ke Curug Ciomas merupakan perjalanan yang menyenangkan. Sepanjang jalan, khususnya di Kecamatan Cariu, terdapat pesawahan disepanjang perjalanan. Atas pesona yang dimiliknya, sebagian masyarakat setempat menyebut Curug Ciomas dengan sebutan “Green Canyon Ciomas”. Pasalnya, bentuknya hampir sama dengan Green Canyon Pangandaran yang berada di Desa Kertayasa, Ciamis, Jawa Barat. Selain menikmati keindahan alam, pengunjung pun bisa berenang sambil mengarungi curug, dan juga bisa memacu adrenalin, yaitu cara melompat dari atas bukit batu yang tingginya sekitar 10–12 meter. Bagi warga setempat, melompat dari atas bukit batu sudah menjadi hal biasa.

Berenang di antara batu, menuju air terjun menjadi tantangan tersendiri. Bagi yang baru bisa berenang dan ingin menuju air terjun, sebaiknya jangan berenang sendiri. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. (Sumber Oji/Majalah Info wisata Edisi Oktober 2017)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here