Jonggol, Sukamakmur, Wargajaya,Bogor

Obyek Wisata Curug Cipamingkis terletak di Desa Wargajaya, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Luas obyek wisata tersebut 16,50 Hektar. Suhu udara di sekitar lokasi Curug Cipamingkis cukup dingin. Bukan sekadar karena temperatur suhu udara di sana yang berkisar antara 18-20 derajat celcius semata, tetapi juga karena ada “hawa lain” yang begitu terasa melingkupinya. Sebab, keberadaan Curug Cipamingkis memang tak bisa dilepaskan dari legenda dan mitos di seputarnya.

Pertemuan Dua Sungai
Curug Cipamingkis merupakan tempat pertemuan aliran dua sungai yang melintas Kabupaten Bogor, yaitu Sungai Cipamingkis dan Sungai Cisarua. Konon, dari nama salah satu sungai sumber airnya itulah nama Curug Cipamingkis berasal. Tetapi, ada juga sekelompok masyarakat setempat yang menyebut, Curug Cipamingkis merupakan air terjun pamungkas atau terakhir. Kelompok masyarakat ini meyakini, dari filosofi kata pamungkas itu kemudian menjelma nama Cipamingkis. Yang menarik, Curug Cipamingkis terlihat lebih banyak didatangi pengunjung ketimbang Curug Ciherang yang sama-sama berada di wilayah Bogor. Kendati lokasi kedua curug tersebut berdekatan, legenda Curug Cipamingkis lebih terasa kental ketimbang Curug Ciherang. Penyebab hal itu tak bisa dimungkiri karena Curug Cipamingkis sangat lekat mengandung aroma mistik yang melegenda.

Legenda dan Mitos
Ada banyak legenda dan mitos di seputar Curug Cipamingkis. Salah satu mitos yang melingkupi Curug Cipamingkis itu menyatakan, jika seseorang yang belum mendapatkan jodoh dalam hidupnya lalu mandi di bawah terjunan airnya dengan melafadzkan niat, maksud dan tujuan yang dikehendaki itu akan terlaksana. Selain itu, juga ada mitos yang menyebut bahwa Curug Cipamingkis memiliki “penunggu”. Menurut mitosnya, penunggu Curug Cipamingkis itu berbentuk Ular Naga yang digelari masyarakat sebagai Ratu Ular atau Dewi Ular, yaitu paduan Pangeran Langit. (Sumber Hes/Majalah Info wisata edisi Mei 2017).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here