Kampung Cibeureum, Desa Cibadak, Kecamatan Sukamakmur Jonggol,  Kabupaten Bogor.

Foto Istimewa

Dalam sektor parawisata, Kecamatan Sukamakmur termasuk lebih beruntung ketimbang enam kecamatan lain yang masuk dalam wilayah Kabupaten Bogor bagian timur. Betapa tidak, kecamatan yang merupakan hasil pemekaran Jonggol ini menyimpan setidaknya lima objek wisata utama yang menarik. Yakni, Taman Pinus, Curug Ciherang, Batu Tapak, dan Rawa Gede serta Curug Cibeureum. Bagi anda yang ingin mendaki bukit sekaligus menikmati jernihnya aliran air sungai di Kawasan Wisata Curug Kembar Cibeureum.

Rawa Gede serta Curug Cibeureum berada di Kampung Lewingdatar, Desa Sirnajaya, Sukamakmur. Tepatnya, sekitar 10km dari kantor kecamatan setempat. Sesuai namanya, Rawa Gede adalah areal rawarawa yang cukup luas dengan kedalaman air yang lumayan. Di sekelilingnya, terhampar panorama yang cukup indah dan diselimuti udara yang sejuk. Terletak di Kecamatan Suka Makmur, Kampung Cibeureum Cibadak, Curug ini mempunyai sensasi berbeda dari curug pada umumnya. Saat pengunjung mulai memasuki kawasan wisata, hamparan pepohonon trembesi yang berada di perbukitan di Kampung Cibeurem ini menambah sejuk suasana perbukitan.

Untuk menuju lokasi ini, pengunjung hanya dikenakan biaya masuk sebesar Rp 15.000 dan biaya parkir motor Rp 5.000. Namun anda harus mempersiapkan kendaraan dan fisik anda untuk menuju lokasi ini. Pasalnya jalur yang menanjak dengan track bebatuan akan anda temui selama melakukan perjalanan menuju lolasi curug.

Rawa Gede merupakan salah satu objek wisata di wilayahnya yang banyak mendapatkan kunjungan. Ketertarikan pengunjung juga tidak terlepas karena di lokasi yang berdekatan juga terdapat Curug Cibeureum yang tidak kalah menariknya sebagai tempat wisata. Kedua objek wisata tersebut termasuk yang terus kita upayakan untuk dikembangkan secara maksimal, sehingga kelak bisa menjadi salah satu andalan parawisata di Kabupaten Bogor ,sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Tapi anda tak perlu khawatir, jika haus atau lapar, disepanjang jalan menuju lokasi wisata terdapat warung warung jajan dan harganya pun cukup terjangkau. Selain Curug Kembar, di lokasi wisata Curug Cibeureum ada beberapa curug lain, yaitu Curug Ciburial, dan Curug Hordeng. (Sumber majalah Info Wisata Edisi Oktober 2017/Oji)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here