foto istimewa
Foto Istimewa

CURUG KECIL & CANTIK DI BOGOR

Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor

Dalam bahasa sunda, curug artinya air terjun, sedangkan leuwi artinya bagian terdalam atau cekungan yang ada di sungai atau aliran dari Curug. Curug Putri Kencana merupakan curug mini yang memiliki beberapa leuwi yang kedalamannya bervariasi, yaitu leuwi panjang, leuwi demang, leuwi pariuk, leuwi baliung. Jalur yang saya lewati untuk menuju curug putri kencana adalah Sentul-Jungle Land-Curug Putri Kencana. Dalam perjalanan, saya melewati jembatan kayu dan juga puncak lembah dengan pemandangan sawah yang terbentang. Di tempat ini banyak sekali pengunjung yang ingin berfoto, sehingga saya pun ikut-ikutan tuk berselfie ria. Ada 3 curug yang cukup dikenal disekitar Babakan Madang. Salah satunya adalah Curug Putri Kencana. Walaupun belum sepopuler Curug Bidadari atau Curug Barong, yang dikenal sebagai Leuwi Hejo, kawasan Curug Putri Kencana menawarkan keindahan yang tidak kalah dengan curug lainnya. Aliran Sungai Sadon yang berbatu membentuk tidak hanya Curug Putri Kencana, tetapi juga beberapa curug dan leuwi.

Akses menuju Curug Putri Kencana sangat mudah. Dengan kendaraan pribadi, melalui jalan tol Jagorawi, keluar di gerbang Sentul City, belok kiri, masuk ke jalan utama arah Jungle Land. Sebelum pintu gerbang Jungle Land belok kanan melalui jalan perkampungan sampai bertemu pertigaan. Belok kiri menuju Curug Putri Kencana dan Leuwi Hejo, sedangkan arah lurus menuju kawasan Gunung Pancar dengan hutan pinus dan air panasnya.

Selanjutnya ikuti jalan sampai bertemu petunjuk Curug Putri Kencana di sebelah kanan jalan, kurang lebih setengah jam, tepatnya di desa Karang Tengah. Dalam perjalanan menuju Curug Putri Kencana akan melewati jembatan kayu tua dan juga puncak lembah dengan pemandangan sawah yang terbentang. Tempat wajib untuk berfoto. Perjalanan dengan mobil akan berakhir di area parkir Curug Putri Kencana. Dilanjutkan dengan berjalan kaki melalui jalan setapak melewati perkampungan, sawah, dan hutan.

Perjalanan tahap pertama ditempuh dalam waktu sekitar dua puluh menit. Curug Cikujang adalah curug pertama yang ditemui, setinggi empat meter dan alirannya bergabung dengan Sungai Sadon. Menyusuri tepian sungai, Leuwi Pariuk dan Leuwi Demang akan dilewati. Curug Putri Kencana dan Leuwi Cibaliung adalah akhir perjalanan tahap pertama. Berani pacu adrenalin? Silahkan melompat dari batu besar di Leuwi Cibaliung atau hanya sekedar bermain air di Curug Putri Kencana dan Leuwi Demang. (sumber Majalah Info wisata edisi September 2017)