Info Wisata – Kampung adat Urug yang berlokasi di Desa Urug Kecamatan Sukajaya Kabupaten Bogor Propinsi Jawa Barat menjadi destinasi wisata budaya bagi pelancong yang ingin menemukan alternatif rekreasi unik di Sukajaya. Tatanan masyarakat yang bertahan
dengan tradisi dengan keramah tamahan masyarakatnya menjadi daya tarik tersendiri saat kita menginjakkan kaki di kampung adat Urug. Kondisi alam yang asri dan masih terjaga dengan latar Gunung Manapa menambah pemandangan eksotis yang menyejukkan.

Sudah banyak pelajar bahkan peneliti yang mengamati lebih dalam tentang keunikan kampung adat Urug yang diakui sebagai warisan budaya kerajaan Siliwangi. Tidak begitu sulit ketika ingin memperoleh tentang informasi Kampung Adat Urug. Sekitar 16.600 hasil pencarian saat penulis mencari Kampung Adat Urug di mesin pencarian Google. Hal ini membuktikan lokasi wisata budaya yang menjadi icon wisata budaya di Kecamatan Sukajaya telah menjadi perhatian banyak pihak terutama yang ingin berekreasi dengan alam yang masih asri, masyarakat yang memegang teguh tradisi dengan keramah-tamahan yang menyapa setiap pengunjung, tata ruang yang bertahan pada tradisi aturan adat yang tertata, dan pengetahuan tentang budaya yang akan dipaparkan oleh para tokoh adat yang setiap saat dengan ramah bersedia untuk berdiskusi.

Masyarakat Kampung Urug menganggap bahwa mereka berasal dari keturunan Prabu Siliwangi, raja di kerajaan Pajajaran Jawa Barat. Bukti dari anggapan tersebut di antaranya menurut seorang ahli yang pernah memeriksa konstruksi bangunan rumah tradisional di Kampung Urug, beliau menemukan sambungan kayu tersebut sama dengan sambungan kayu yang terdapat pada salah satu bangunan di Cirebon yang merupakan sisa-sisa peninggalan Kerajaan Pajajaran. (Daday)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here