Foto Istimewa

GREEN CANYON-NYA BOGOR                Sentul, Babakan Madang, Kabupaten Bogor

Jalan ke Bogor akhir minggu ini? Cobain deh ke Leuwi Lieuk. Leuwi Lieuk adalah tempat wisata di Bogor yang lumayan ngehits di Instagram tahun kemarin. Pemandangan di Leuwi Lieuk ini benar-benar indah dan eksotis, mirip dengan tempat wisata di Pangandaran yaitu Green Canyon. Berada dalam satu wilayah dengan Leuwi Hejo dan Ceupeut , Sentul, Bogor. Leuwi Lieuk juga tidak kalah dengan leuwi yang lainnya. Akan tetapi, untuk mengunjungi lokasi curug ini membutuhkan tenaga ekstra. Tidak seperti Leuwi Hejo yang lokasinya sangat dekat, curug Leuwi Lieuk berada lebih jauh dan perlu mendaki, memutari bukit sekitar 40 menit, namun lamanya waktu tergantung dari kondisi fisik kita sendiri.

Meskipun harus berjalan menyusuri bukit yang cukup menguras tenaga, akan tetapi malah terasa menyenangkan dan membuat petualangan menjadi lebih seru. Bertambah dengan rombongan Teman-teman tentunya. Sebelum sampai ke Leuwi Lieuk, kita akan bertemu dengan Curug Cepeut terlebih dahulu. Jika mau langsung menuju Lieuk, kita bisa menembus melalui Curug Cepeut dengan resiko barang bawaan basah atau dengan melanjutkan mendaki bukit yang lebih terjal dengan resiko terpeleset. Seperti halnya di Hejo, kita juga bisa melompat dari atas curug, berenang menelusuri aliran air atau cuma berjemur di atas bebatuan besar yang ada disekitar curug.

‘Leuwi’ sendiri dalam bahasa Sunda artinya lubuk atau bagian terdalam dari sungai. Nah, di kawasan Bogor banyak sekali lubuk indah yang keberadaannya cukup tersembunyi dan masih jarang dikunjungi. Salah satunya adalah Leuwi Lieuk ini. Seperti yang sudah diberitahui diawal, Lokasi Leuwi Lieuk masih berada dalam satu kawasan dengan objek wisata Leuwi Hejo yaitu di Kampung Wangun Cileungsi, Desa Karang Tengah, Kecamatan Madang, Kabupaten Bogor. Sebelum sampai ke Leuwi Lieuk, kamu akan bertemu dengan Curug Cepeut atau Leuwi Cepet terlebih dahulu.

Untuk mencapai ke Leuwi Lieuk kamu harus berenang melewati Leuwi Cepet kemudian trekking di tepian sungai sekitar 5 menit. Lokasinya cukup unik karena dikelilingi tebing. Air di permukaan kamu yang tidak mahir berenang, mending tak usah menceburkan diri disini. Untuk harga tiket masuknya sekitar Rp.10.000,-.

Jalanan disekitaran Leuwi ini cukup untuk dilalui mobil dan beraspal sudah bagus. Tapi jikalau kamu memakai kendaraan bermotor lebih nyaman memakai sepeda motor, karena sepeda motor kamu bisa dititipkan di rumah – rumah warga sekitar yang ramah – ramah. Pesan nih untuk kamu – kamu yang ingin mencoba wisata ke deretan leuwi ini, pastikan kamu menjaga kebersihan dan lingkungan ya. Jangan buang sampah sembarangan. (Sumber Oji Majalah Info wisata Edisi September 2017)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here