DCIM100GOPROG0041769.

Jl. Insinyur Haji Juanda No. 78 City, Babakan Madang, Kab. Bogor

Bagi kita yang biasa atau pernah bolak-balik Bogor – Jakarta melalui tol Jagorawi, tentunya tampilan kubah masjid ini sudah tidak asing lagi. Tampilan kubah masjid ini dapat dilihat dari Jl. Tol tersebut ketika mendekati pintu keluar Sentul City. Masjid ini bernama Masjid Andalusia. Berada di Kompleks Andalusia Islamic Center (AIC) di Sentul City. Saat ini masjid dan kompleks tersebut masih dalam tahap pembangunan. Jika sudah selesai semua, masjid ini pastilah akan tampak lebih indah.

Masjid dan kompleks Islamic Center ini digagas oleh Yayasan Tazkia yang dipimpin oleh M. Syafii Antonio (beliau adalah seorang mu’alaf yang merupakan pakar ekonomi syariah). Di dalam website tazkia.ac.id, beliau menyampaikan bahwa pembangunan Andalusia Islamic Center ini terinspirasi akan kejayaan peradaban kekhalifahan islam di Andalusia. Selain kemakmuran rakyat di wilayah tersebut pada waktu itu, kesuksesan mencetak ribuan ilmuwan muslim di berbagai bidang adalah menjadi inspirasi utama.

Direktur Andalusia Islamic Center, Syaripudin Kusin Sardi mengatakan, Masjid Andalusia berdiri di atas lahan seluas 1 hektare dengan luas bangunan masjid yakni 1250 meter.Dengan luas tersebut masjid megah ini mampu menampung jamaah sekitar 2500 orang. Syarifudin menjelaskan, masjid yang berada dikawasan komplek Sekolah Tinggi Ekonomi Islam (STEI) Tazkia ini, terinspirasi dari sebuah daerah bernama Andalusia yang saat ini benama Spanyol Selatan.

AIC diharapkan bisa wadah pendidikan dan pencerahan umat Islam di Indonesia, khususnya di Jadebotabek. Keberadaannya, sebagai oase spiritual dan intelektual yang dilandasi nilainilai Islam yang sejuk, damai, ramah, progresif, mendorong kemajuan ekonomi dan bisnis sebagai bagian dari ibadah, serta pemberdayaan umat berwawasan rahmatan lil ‘aalamiin. Jika ingin berziarah masjid yang memiliki arsitektur unik, silakan langsung datang ke Masjid Andalusia Sentul Bogor.Pasalnya, masjid ini dibangun pada tahun 2006 dan terinspirasi dari salah satu tempat kejayaan umat muslim di Spanyol berabad-abad silam. (Sumber Majalah Info wisata Edisi Desember 2017/Reza).

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here