Kp. Tenjolaya RT. 02 RW. 06 Desa Tapos 1 Kecamatan Tenjolaya
Kordinat
S. 06˚39. 784
E. 106˚42.160

Sejarah

Hasil pemantauan di lokasi Situs Megalitik Batu Cibalay bertumpuk pada suatu area yang jaraknya berdekatan antara radius 600 m sampai dengan 110 m. Nama – nama situs tersebut adalah  :

  1. Situs Kramat Endong Kasang
  2. Situs Bale Kambang
  3. Situs Arca Domas/Cibalay
  4. Situs Jami Paciing
  5. Situs Kebon Kopi
  6. Situs Cipangantehan
  7. Situs Batu Bergores
  8. Situs Pasir Manggis

Dari kedelapan situs tersebut baik bentuk, tipe, ukurannya dapat dipastikan keberadaanya, perkiraan angka, tahun pada jaman megalitik berkisar antara 2000-1000 SM. Temuan pertama dilaporkan oleh NJ Krom tahun 1914 dalam “Rapporten  van den Oudheidkundige Diensten Nederlandsch–Indie 1914 : inventaris der hindoe-oudheden. Namun pada saat itu baru ada lima situs yang ditemukan, diantaranya :

  1. Situs Keramat Endong Kasang
  2. Situs Bale Kambang
  3. Situs Arca Domas
  4. Situs Jami Paciing, dan
  5. Situs Pasir Manggis.

Dengan kepedulian peneliti dari Belanda tersebut pengarsipan situs Cibalay secara utuh masih ada di museum Negeri Belanda.

Hasil pengamatan batuan megalitik di Cibalay berupa punden berundak, menhir dan batu tegak/batu kubur yang dalam penempatan dan susunannya tidak terarah pada satu sudut dijadikan pemakaman karena di situs Balekambang dan situs Jamipaciing terdapat nama-nama Mangutapak, Patah Aki Soleh, Eyang Nuralam  yang dimakamkan dekat atau berdampingan dengan situs megalit tersebut. Situs Keramat Endong Kasang adalah tinggalan Prasejarah Objek utama di Situs Endong Kasang ini berupa Punden Berundak.

Menhir yang ada di ketiga teras ditambah dengan menhir pembatas semuanya berjumlah 17 buah, terdiri dari berbagai bentuk dan ukuran.

Punden Endong Kasang ini sama dengan punden-punden lainnya yang dahulunya digunakan sebagai tempat pemujaan oleh nenek moyang sebagai media untuk berdialog dengan para leluhur.

Kondisi

Kondisi Situs Endong kasang saat ini masih dalam keadaan terawat oleh juru pelihara, akan tetapi pagar pengaman situs ini harus segera diperbaiki dan direnovasi serta jalan menuju lokasi situs Endong Kasang ini tidak ada

 

Dimensi

berukuran panjang 5 meter, lebar 4 meter dan tinggi 1 meter, menghadap timur – barat, terletak pada sebuah bukit kecil.

Pada lahan Situs Endong Kasang yang tadinya kosong itu sekarang telah dibangun sebuah rumah yang jaraknya hanya 1 meter dari punden, sehingga posisi punden semakin terjepit. (Sumber Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bogor)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here