Foto Istimewa

“Kampung Wadung, Desa Karangtengah, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor”

Termasuk Curug Cibaliung ini. JIka menggunakan kendaraan bermotor, sampai di lokasi ini Anda harus berhenti dan menitipkan kendaraan Anda pada petugas parkir disana. Ada yang menyarankan agar Anda parkir di posisi paling ujung yang lebih dekat dengan lokasi curug sehingga dapat menghemat tenaga.Dari sini, Anda harus bersiap untuk kegiatan trekking selama kurang lebih satu hingga satu setengah jam lamanya jika ingin menemui lokasi Curug Cibaliung. Medan yang turun naik bisa jadi membuat Anda lelah, namun jangan khawatir karena terdapat beberapa warung tersedia jika Anda ingin beristirahat. Sebelum sampai ke lokasi, Anda akan melewati Leuwi Cipet dan Leuwi Lieuk. Ambil jalur kanan dari Leuwi Lieuk, setelah 50 meter ambil jalur kiri.

Dari sini Anda sampai ke sungai yang menjadi bagian dari Curug, Anda dapat menyusuri sungai selama 20 hingga 30 menit sebelum akhirnya Anda menemui Curug Cibaliung. Curug Cibaliung adalah lokasi curug terdalam. Belum banyak pengunjung yang bertandang ke lokasi ini, sehingga dalam dibilang lokasinya paling bersih alami dan lebih sepi. Sangat berbeda dengan Curug Leuwi Hejo yang dipadati pengunjung. Air terjun nya tidak telalu tinggi namun deras dan jernih. Sungai tempat bermuara nya air berwarna hijau toska dan lebih terlihat jelas pada saat musim panas. Menyusuri sungai nya merupakan
keistimewaan tersendiri. Selain kejernihan airnya, bebatuan raksasa di sekelilingnya di sepanjang mata memandang menimbulkan sensasi tersendiri, membuat kita lupa bahwa kita berada tidak jauh dari kota Jakarta.

Disarankan untuk tidak mengunjungi tempat ini pada saat musim penghujan, dikarenakan area tracking sangat licin sehingga resiko terjatuh cukup tinggi, juga antisipasi terhadap datangnya banjir bandang. Sebaiknya Anda berangkat pagi-pagi sekali setelah subuh agar tidak terlalu siang sampai disana, sehingga dapat menikmati pemandangan pada cuaca yang belum terlampau panas, dan kemudian masih terang saat harus kembali ke tempat semula, agar perjalanan lebih nyaman dan aman. Karena melewati area tracking saat sudah gelap cukup beresiko, terutama bagi Anda yang jarang atau belum pernah melakukan kegiatan ini sama sekali sebelumnya. (Daday/Majalah Info Wisata Edisi September 2017).

SHARE
Previous articleCURUG PUTRI KENCANA
Next articleCURUG HORDENG

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here