PENINGGALAN SANG TUAN TANAH    Sadeng, Leuwisadeng, Kab. Bogor – Telp.    +62 878-8836-5459

Situs cagar budaya Moseleum Van Motman terletak di Kampung Pilar, Leuwisadeng, Kabupaten Bogor. Lokasinya berjarak kurang lebih 25-27 kilometer bila dihitung dari pusat Kota Bogor, yaitu Kebun Raya atau Istana Bogor. Untuk mencapai lokasinya memerlukan waktu kurang lebih 45 menit bila menggunakan sepeda motor. Kalau angkotan umum no 05 Biru jurusan Jasinga yang dipergunakan, mungkin akan memerlukan waktu yang lebih lama lagi.

Moseleum atau mausoleum adalah sebuah komplek pemakaman. Biasanya dalam kompleks pemakaman ini akan berdiri sebuah bangunan khusus yang merupakan inti dari keseluruhan kompleks. Di dalam bangunan tersebut akan diletakkan sebuah atau beberapa makam khusus bagi orang-orang penting atau ternama di masanya. Nama lain dari maoseleum adalah monumen makam. Moseleum Van Motman, sesuai ejaan yang dipakai oleh Dinas Kebudayaan Kabupaten Bogor adalah juga sebuah pemakaman. Luasnya kurang lebih 600 meter persegi. Didalamnya berdiri sebuah bangunan mausoleum berukuran 40 meter persegi. Di sekitar bangunan moseleum terdapat 12 pilar yang menurut sejarah juga merupakan tanda sebuah makam.

Moseleum Van Motman diduga didirikan tahun 1811. Dugaan ini terkait dengan catatan sejarah dari keluarga tersebut sendiri dimana putri GWC yang bernama Maria Henrietta van Motman meninggal pada 5 Desember 1811. Selanjutnya tercatat 8 orang anak dari GWC dimakamkan di tempat ini. GWC Van Motman sendiri tidak diketahui dimana keberadaan makamnya. Menurut sejarah juga, seharusnya tempat ini berlapiskan marmer asli Italia. Sesuatu yang mencirikan dinasti Van Motman yang pada masanya merupakan orang terkaya di Bogor. Sayangnya, rupanya bertahun-tahun silam telah terjadi penjarahan besar-besaran terhadap situs Moseleum Van Motman ini dengan cara mencongkel marmer-marmer berharga mahal tersebut. Alhasil, dalam kondisinya sekarang Moseleum Van Motman hanyalah seperti reruntuhan bangunan tak terawat saja. (Sumber Oji/Majalah Info Wisata Edisi Agustus 2017)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here