Desa Megamendung, Kec. Megamendung, Kabupaten bogor

Curug Panjang Berada di Desa Megamendung, Kec. Megamendung, Jarak dari Bogor 20,5 km dengan fasilitas : Loket Karcis, Shelter, Toilet, Jalur Tracking,, Musholla, Areal Kemping, Air Terjun.Curug Panjang sebenarnya hanya 8 kilometer dihitung dari jalan masuk Megamendung (dari jalan raya Bogor Puncak), tapi terasa jauh karena harus melewati jalan kecil yang di beberapa tempat hanya bisa dilewati 1 mobil saja. Untuk kunjungan pertama ini masih perlu beberapa kali bertanya kepada penduduk setempat, karena tanda arah ke lokasi masih kurang jelas terlihat.

Curug Panjang terletak di lereng Gunung Paseban, ketinggian sekitar 1000 mdpl, kawasan wisata seluas 30 hektar ini menjual keindahan Sungai Cirangrang sebagai komoditas utamanya. Sungai inilah yang membentuk 4 air terjun di kawasan ini, mulai dari teratas yaitu: Curug Blao, Curug Panjang, Curug Bunder dan Curug Barong.

Curug Panjang yang namanya dipakai sebagai nama lokasi merupakan yang terdekat dari gerbang masuk, paling ramai dan termudah untuk dikunjungi. Sesuai namanya, bentuknya bukanlah vertikal seperti air terjun umumnya, tapi membentuk slope miring sepanjang +/- 20 meter dengan debit air yang cukup deras. Kenyamanan Curug Panjang bukan cuma dilihat dari view yang ditawarkan, tapi juga dari lokasi yang kelihatan terjaga kebersihannya (banyak disediakan tong sampah dimana-mana & tidak ada segorespun coretan/tulisan iseng para vandalis di atas bebatuan sungai seperti biasanya dijumpai di tempat serupa).

Beberapa aktivitas selain itu adalah camping, outbound/gathering, bushwalking ke beberapa curug lain, mountain-bike, & pastinya jeprat jepret. Cucok buat sekedar one day family picnic atau buat yang mau camping tapi ga punya camping gear, disini juga disewakan tenda, sleeping bag dll, termasuk alat masak.(Sumber Majalah Info Wisata Edisi Desember 2017/Oji).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here