Foto Istimewa

Tanjungrasa, Tanjungsari, Bogor, Jawa Barat 16840, Indonesia

Tidak mudah menemukan Curug Country Bogor, dan ketika bertanya arah pun banyak yang tidak mengenalnya, atau bahkan memberi informasi keliru. Informasi yang tersedia hanya Curug Country ada di Desa Tanjung Rasa, Tanjung Sari, ± 3 km dari Jl Raya Jonggol Cariu. Dari Jakarta keluar tol Cibubur, masuk Jl. TransYogie, naik jalan layang, melewati Taman Buah Mekarsari. Di ujung pertigaan ambil kanan ke Jl. Raya Jonggol hingga 13,6 km sampai di pertigaan. Kiri ke Jl. Cariu – Babakan Raden, saya ambil kanan ke Jl. Cariu – Bantarkuning.

Setelah 8,6 km dari pertigaan, saya masuk jalan kecil di kanan jalan pada GPS: -6.56959, 107.14060, dan mengikuti jalan hingga belok kiri pada GPS -6.56359, 107.12111 di seberang lapangan bola. Jalanan berbatu ini menurun dan lalu belok ke kiri di ujung jalan. Sampai di bundaran saya belok kanan melewati pos jaga Curug Country.

Tempat duduk dan meja di area Curug Country Bogor terbuat dari batu yang mestinya cukup nyaman sebagai tempat bersantai menikmati suasana alam sekitar, jika saja tidak lembab oleh air hujan dan bersih dari sampah dedaunan yang gugur itu. Sampah-sampah dedaunan di sekitar area ini juga tampak belum sempat dibersihkan oleh petugas. Suasana di sekitar area curug ini terlihat lumayan asri, dan di belakang sana adalah undakan pendek cukup rapi yang sebelumnya saya lewati. Di atas undakan pendek itu masih ada lagi undakan lebih panjang yang berawal di area parkir kendaraan yang jaraknya masih beberapa ratus meter dari pos jaga, dengan melewati jalanan curam dan berliku. Pejalan harus cukup berhati-hati ketika melewati jalan itu, apalagi jika lembab karena air hujan.

Curug Country yang landai dan bertingkat-tingkat. Saat itu hujan baru saja reda, namun air yang mengalir di curug masih tetap terlihat jernih, menandai bahwa kondisi di hulu sungai yang masih terjaga dengan baik. Suasana di sekitar curug masih terasa cukup nyaman, dengan rimbun pepohonan, belukar dan ada lapangan rumput yang luas. Pada hari biasa curug ini cukup sepi, dan karenanya tidak terlihat ada penjual makanan dan minuman di sekitar lokasi curug. Saat saya berkunjung ke curug, belum ada tempat yang disediakan untuk warung makanan minuman dan gazebo yang bisa dipakai pengunjung untuk bersantai sambil makan minum saat tiba atau sebelum meninggalkan tempat itu.(Sumber Day/Majalah Info Wisata Bulan Mei 2017).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here