Masa kecil adalah masa dimana anak-anak belajar dari apa yang mereka lihat dan dengar. Ingatan yang kuat dari anak-anak akan membimbing mereka menentukan perilaku ketika besar nanti.

Water Kingdom sebagai tempat wisata air terbesar se-Asia yang juga berorientasi kepada lingkungan yang bersih dan sehat. Mencoba menggugah kepedulian anak-anak terhadap lingkungannya melalui program Eco Friendly.

Program Eco Friendly mencoba mengajarkan kepada anak-anak sedini mungkin tentang pentingnya menjaga lingkungan hidup.

Harapannya adalah anak-anak kelak dapat menjadi duta di lingkungannya masing-masing dan terus mengkampanyekan program ramah lingkungan. Melalui program ini Water Kingdom mencoba membiasakan gaya hidup yang ramah lingkungan dengan metode pembelajaran interaktif.

URUTAN TOUR ECO FRIENDLY

1.Biopori Station

2.Program Pengenalan Sampah

3.Program Pengenalan Tanaman

4.Recycle Station

LUBANG RESAPAN BIOPORI

(LRB)

LRB adalah lubang silindris yang dibuat kedalam tanah dengan diametr 100 cm. Kedalaman sekitar 100 cm atau jangan melebihi kedalaman muka air tanah. Lubang diisi sampah organik untuk mendorong terbentuknya biopori. Biopori adalah pori berbentuk liang (terowongan kecil) yang dibentuk oleh aktivitas fauna tanah atau akar tanaman.

Manfaat dari LRB yaitu memelihara cadangan air tanah, mencegah terjadinya keretakan tanah, mengurangi masalah pembuangan sampah yang mengakibatkan pencemaran udara, mengubah sampah organik menjadi kompos.

Program Pengenalan Sampah

(Organik & Anorganik)

Sampah merupakan material sisa baik dari hewan, manusia, maupun tumbuhan yang tidak terpakai lagi dan dilepaskan ke alam dalam bentuk padatan, cair ataupun gas.

Berdasarkan sifatnya sampah dibagi menjadi 2 kategori, yaitu :

Sampah Organik, yaitu sampah yang mudah membusuk seperti sisa makanan, sayuran, daun-daun kering, dan sebagainya. Sampah ini dapat diolah lebih lanjut menjadi kompos.Contohnya : Daun, kayu, kulit telur, bangkai hewan, bangkai tumbuhan.

Sampah Anorganik, yaitu sampah yang tidak mudah membusuk, seperti plastik wadah pembungkus makanan, kertas, plastik mainan, botol dan gelas minuman, kaleng, kayu, dan sebagainya. Sampah ini dapat dijadikan sampah komersial atau sampah yang laku dijual untuk dijadikan produk laiannya.

Program Pengenalan Tanaman

(Hias & Obat)

Memperkenalkan tanaman-tanaman multiguna dengan tujuan agar peserta mengetahui jenis tanaman obat dan tanaman hias serta dapat mengaplikasikan

di lingkungan rumah masing-masing.

Setelah mengetahui beberapa jenis tanaman, peserta diberikan pengetahuan mengenai manfaat dan kegunaan dari tanaman-tanaman tersebut.

Recycle Station

Recycle Station merupakan suatu tempat untuk mengajak anak melakukan kegiatan pemanfaatan barang-barang bekas agar dijadikan sesuatu yang lebih bermanfaat.

Tujuannya mengarahkan anak  untuk dapat menjadi pribadi yang kreatif dan inovatif terutama mengenai pemanfaatan barang-barang tidak terpakai sebagai salah satu upaya untuk menjaga lingkungan. (Sumber Water Kingdom Manajemen)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here