Curug Goa Lumut

Buat kaum urban Jakarta akhir pekan Sabtu dan Minggu tentu sangat berharga untuk dihabiskan bersama keluarga. Tidak hanya untuk melepas stress dan keluar dari rutinitas, tapi juga untuk mengisi waktu berkualitas bersama keluarga. Kawasan wisata yang populer seperti puncak selalu menjadi incaran. Karena udara yang dingin segar serta infrastruktur yang baik menjadi pilihan utama warga Jakarta untuk menghabiskan akhir pekan. Tapi buat yang tidak suka bermacet-macet ria dan menambah stress, di Bogor ada pilihan alternatif yang sama segarnya dengan Puncak. Bahkan bisa dibilang lebih asri dan segar. Sudah pernah dengar Gunung Salak Endah belum, salah satu kawasan wisata di Bogor dengan beragam tempat menarik.

Lokasi Kawasan Wisata Gunung Salak Endah

Menuju Gunung Salak Endah tidak terlalu sulit. Bisa menggunakan jalur ke arah IPB dermaga terus sampai ke rambu yang menunjukkan arah ke Gunung Salak Endah. Sampai di pintu masuk kawasan konservasi ini sangat terasa perubahan udara yang dingin dan sejuk dikelilingi pepohonan pinus. Masuk ke kawasan Gunung Salak Endah kita dikenakan biaya tiket masuk per orang waktu itu Rp 10.000. Setelah membayar kita bisa langsung menyusuri jalan aspal di bibir bukit. Pemandangan curam yang hijau sangat memanjakan mata. Kalau sempat bisa mampir ke warung kopi yang ada dipinggir jalan. Warung kopi kampung, tapi karena suasananya yang luar biasa, kopi biasa juga terasa lebih nikmat.

Beberapa Tempat Menarik di Gunung Salak Endah

Curug Seribu

Gunung Salak Endah menyediakan beragam pilihan tempat menarik. Mulai dari Curug atau air terjun, Treking ke Kawah Ratu, Pemandian Air Panas, dan tentu saja Pemandangan hijau Gunung Salak Endah. Beberapa air terjun yang bisa disingahi diantaranya:curug seribu, curug cigamea, curug goa lumut, pemandian air panas, kawah ratu.

Beberapa Tips di Wisata Gunung Salak Endah

Karena daerah gunung jangan lupa bawa uang secukupnya. Terakhir saya ke sana lokasi ATM agak jauh, harus keluar kawasan wisata dulu di Indomaret atau Alfamart. Jangan lupa tentu saja membawa jaket yang cukup untuk menghangatkan badan. Udara di Gunung Salak Endah masih tergolong dingin, coba rasakan airnya pas mandi Mantaap dinginnya. Usahakan makan sebelum jam 9 malam, karena warung makan di Gunung Salak Endah biasanya sudah tutup lewat jam 9 malam. Jadi, daripada macet-macet ke puncak, Gunung Salak Endah bisa menjadi pilihan menarik buat yang menghindari stress dan untuk mencari ketenangan. (Sumber Day/Majalah Info wisata Edisi Maret 2017)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here