KOMPLEK TAMAN NASIONAL GUNUNG HALIMUN Taman Nasional Gunung Halimun Salak, Malasari, Nanggung, Bogor

Desa Citalahab masuk dalam komplek desa wisata Malasari Taman Nasional Gunung Halimun, Kec. Nanggung, Kab. Bogor. Jaraknya tidak terlalu jauh dari Bogor atau Tangerang. Kondisi jalan sampai desa Malasari lumayan bagus. Tapi, masuk ke komplek taman nasional gn. Halimun kondisi jalan berbatu2 terjal. Dari gerbang sampai desa Citalahab perlu waktu 2 jam pakai mobil. Padahal jaraknya hanya sekitar 15 km. Kalau Anda mau ke desa Citalahab sebaiknya bawa mobil 4WD atau mobil yang tinggi. Jangan bawa mobil pendek apalagi ceper. Dijamin tidak akan pernah sampai desa Citalahab.

Desa Citalahab adalah salah satu desa di perkebunan teh Nirmalasari. Kebun teh warisan penjajah Belanda ini kondisinya memprihatinkan. Perawatannya kurang. Pandangannya tidak seindah kebun teh di Puncak Bogor atau di Pengalengan Bandung. Tapi masih tetap indah juga sih. Namanya desa Citalahab Central. Posisinya paling atas dan berbatasan dengan Kab. Sukabumi. Citalahab sentral merupakan kampung wisata yang berada pada ketinggian 1.070 mdpl, diapit oleh anak sungai Cikidang, tersusun atas 20 rumah tembok bercampur kayu yang sebagiannya dijadikan sebagai homestay para wisatawan. Dengan menu makanan rumahan yang berbahan baku hasil pertanian warga Citalahab sentral yang dibudidayakan dikebun sekitar perkampoengan.

Pengelola homestay akan meminta warga sekitar untuk memetik bahan makanan ketika wisatawan berkunjung yang selanjutnya diolah menjadi hidangan, itulah kuliner yang kerap disajikan kepada para wisatawan yang menikmati malam di Citalahab sentral. Kampoeng tempat sebuah keharmonisan bertakhta di ujung enclave kebun teh Nirmala yang purwa. Kebun teh yang dikepung oleh hutan hujan yang kerap berselimutkan halimun tipis nan putih, itulah kampoeng Citalahab sentral tempat wisatawan melepas lelah setelah tubuh seharian berpetualang di rimbanya Halimun. (Sumber Oji/Majalah Info Wisata Bulan Agustus 2017)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here