Foto Istimewa

Cipambuan, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor

 

Kebutuhan masyarakat akan ruang terbuka yang luas, asri dan memiliki unsur edukasi tampaknya mulai “didengar” oleh para pengusaha properti. Di Sentul City, tepatnya di EcoArtPark para pengunjung akan dimanjakan Taman Ilmu Pengetahuan (Science Garden) & Taman Patung (Sculpture Garden). Lokasi EcoArtPark ini pun letaknya bersebelahan dengan pusat jajanan “Pasar Ah Poong” yang menawarkan pengalaman wisata kuliner sambil menikmati pemandangan sungai Cikeas. Ecoartpark dan Ah-Poong (Pasar Apung) ini adalah suatu konsep wisata terintegrasi yang pertama di Indonesia. Ada ilmu pengetahuan alam, budaya, dan kuliner. Saat ini memang belum sempurna karena masih dalam pengembangan yang bertahap Sampai bulan Maret 2013 ini pembangunan Eco Art Park berupa Taman Patung, Taman Ilmu Pengetahuan & Taman Bambu baru menggunakan lahan seluas 3,5 hektar dari 7 hektar yang direncanakan. Taman tematik lainnya yang rencananya akan dibangun antara lain Taman Herbal, Taman Bonsai, dan Taman Tanaman Dinding (Vertical Garden) akan segera menyusul pembangunannya.

Foto Itimewa

Taman Energi (Science Garden) Tidak seperti science centre pada umumnya, selain dibangun di halaman terbuka, wawasan di taman Ilmu Pengetahuan ini difokuskan untuk mempelajari tentang Energi dengan cara yang menyenangkan. (karena itu disebut juga sebagai Taman Energi). Anak-anak pun bisa bermain sambil belajar melalui berbagai benda peraga seperti bagaimana proses energi matahari menjadi panas atau cahaya, teknik pemindahan air dari tempat rendah ke tempat tinggi, penjelasan tentang gelombang suara seperti telepon melalui pipa peralon parabola untuk komunikasi . Semuanya dibuat dalam ukuran jumbo dan bisa dicoba oleh pengunjung.

Foto Istimewa

Dari semua alat peraga di taman ini, yang paling menegangkan adalah wahana naik sepeda di atas tali melintas di atas sungai. Sepeda ini bisa berjalan seimbang karena ada beban dibawah yang membuat jalannya sepeda menjadi stabil. Lumayan membutuhkan nyali untuk dapat menaiki sepeda ini walaupun telah tersedia jaring pengaman sepanjang lintasan sepeda. Ada pula Mini Open Theatre yang unik. Kenapa unik ? Karena berada di bawah pepohonan yang rimbun sehingga jika kita berada di bawahnya masih terasa teduh, tidak terkena sorotan langsung sinar matahari. Sebenarnya di taman ini terdapat petugas yang akan memandu para pengunjung bagaimana cara menggunakan berbagai alat peraga dan sekaligus menjelaskan tentang ilmu sains yang bisa didapatkan setelah mencoba setiap alat. Selain itu para petugas ini juga bertugas merawat dan menjaga keamanan alat-alat peraga di taman ini. Untuk masuk ke Taman Energi ini tidak dikenakan biaya apapun dan semoga walaupun di gratiskan, perawatan & kebersihan taman yang asri ini tetap terjaga sampai kapanpun. (Sumber Reza Majalah Info Wisata Bulan September 2017).

 

 

SHARE
Previous articleLEUWI LIEUK
Next articleCURUG PUTRI KENCANA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here