Kp. Cibalay RT. 03 RW. 05 Desa Tapos I Kecamatan Tenjolaya Kab. Bogor
Kordinat
S. 06˚40.141
E. 106˚42.654

Sejarah
Situs Cipangantehan dipugar tahun 2010 oleh salah seorang Juru Pelihara, dan ternyata masih banyak temuan-temuan tinggalan masa lalu jaman prasejarah di Kawasan Cibalay ini, terbukti pada tahun 2010 ditemukan Situs Cipangantehan dan Situs Kebon Kopi, jika Kawasan Cibalay kita lakukan pemugaran maka kemungkinan besar masih banyak situs-situs atau tinggalan masa prasejarah di Kawasan Cibalay ini.
Situs Cipangantehan pada umumnya hampir sama dengan Situs Cibalay karena memang masih satu Kawasan dengan Situs Cibalay, akan tetapi hamparan bebatuan berbentuk balok dan ada beberapa menhir yang berdiri tegak di situs Cipangantehan ini.
Abad dan priode situs Cipangantehan ini sama dengan Kawasan Cibalay, Situs ini tercatat dan terdata di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata sejak tahun 2010.

Kondisi Situs Cipangantehan dalam keadaan terawat oleh Juru Pelihara, hanya kondisi pagar sekeliling situs ini harus segera dilakukan renovasi, karena pager kawat yang ada saat ini sudah rusak dan harus segera ditangani karena kawatir banyak masyarakat yang berlalu Lalang ke lokasi ini menginjak struktur situs yang pada akhirnya struktur hingga menyebabkan bergeser susunan bebatuan yang ada dilokasi situs ini.

Situs Cipangantehan luas area penyangga Panjang 54 Meter dan Lebar 30 Meter dan terdapat 25 menhir dilokasi situs Cipangantehan. (Sumber Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bogor)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here