STADION PAKANSARI SEBAGAI DESTINASI WISATA OLAHRAGA

0
580

Jalan Pakansari, Pakansari, Cibinong, Bogor, Jawa Barat

Kegiatan olahraga sebagai kegiatan Pariwisata dapat dijabarkan sebagai kegiatan bersenangsenang,dilakukan pada waktu luang(bagi pemain olahraga) danmengeluarkan uang (bagi penonton). Dalam hal ini ada dua hal yang dilibatkan, karenakegiatan olahraga menyangkut antara pihak yang ditonton dan pihak yang menonton.Apabila definisi kepariwisataan diterapkan terhadap sisi pemain (pihak yang ditonton), maka penjabarannya adalah kegiatan bersenang-senang, dilakukan pada waktu luang,danmengeluarkan uang (jika pemain berada diluar dari daerahnya, yang secara tidak langsung pemain olahraga sama dengan definisi wisatawan). Penjabaran yang kedua dapat dilihat dari sisi pemain olahraga dan sisi event organizer atau tim Pembina olahraga yangmenangani.

Kegiatan olahraga dalam kepariwisataan, dilihat dari sisi usaha jasa impresariat dan usaha jasa konvensi, merupakan peluang yang besar yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kunjungan ke destinasi, baik untuk mendatangkan wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara.

”Kehadiran stadion ini secara tidak langsung akan berdampak pada pertumbuhan perekonomian masyarakat, bahkan sektor pariwisata dapat berkembang pesat melalui olahraga. Sejalan dengan harapan Bupati Bogor, perekonomian dari sektor pariwisata merata terbangun di seluruh wilayah Kabupaten Bogor ,” kata Deni Pengamat Pariwisata Bogor.

September 2016 Kabupaten Bogor menjadi tuan rumah penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) untuk tiga cabang yakni sepak bola, marcing band, dan atletik. “Selain bertaraf interasional, kedepan kita akan kembangkan Stadion Pakansari sebagai pusat olah raga (sport center),” katanya.

Tidak hanya itu, lanjutnya, dalam waktu dekat akan dilakukan pembangunan berbagai arena olahraga di sekitar Stadiun Pakansari. Sehingga berbagai kegiatan olahraga dapat dipusatkan di stadion tersebut. “Harapan kita, Stadion Pakansari bisa menghidupkan semangat olahraga di Kabupaten Bogor, serta menjadi salah satu destinasi wisata olahraga dan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar,” Ujar Bupati Bogor. (Rza)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here