Jl. Raya Puncak KM. 15, Megamendung, Cisarua, Bogor Telp. +62 251 8258890

Wana Wisata Curug Cilember, itulah nama lengkapnya. Meskipun demikian, salah satu tempat wisata yang bisa dikata merupakan favorit di Bogor ini lebih sering disebut sebagai Curug Cilember saja. Namanya demikain, karena curug atau air terjun merupakjan selling point atau inti dari loaksi turisme ini. Sedangkan nama Cilember diambil dari nama desa dimana tempat tujuan wisata ini berada, yaitu Desa Cilember. Merupakan salah satu destinasi wisata favorit karena ditunjang dengan lokasi keberadaannya, yaitu di Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor. Tentunya, nama Cisarua bukanlah sebuah nama asing bagi warga Jakarta yang hendak bepergian ke Puncak.

Belum lagi ikon wisata, yaitu Taman Safari Indonesia juga berada di wilayah yang sama. Itulah salah satu alasan mengapa Curug Cilember menjadi salah satu tujuan wisata alam atau air yang cukup favorit. Bukan hanya bagi warga Bogor tetapi juga bagi warga Jakarta, dan juga turis asing.Pada lokasi Wana Wisata Curug Cilember terdapat 7 buah curug atau air terjun yang menjadi andalan penarik wisatawan. Kesemuanya terpisah masing-masing antara 150-450 meter satu sama lain.Aliran air yang mengalir pada ke setiap curug ini berasal dari sati sumber aliran sungai hanya kemudian terpecah dalam 7 buah aliran. Masing-masing terletak pada ketinggian yang berbeda-beda dan juga memiliki tinggi curahan air yang tidak sama. Yang paling tinggi air terjunnya terdapat pada Curug 7.

Curug 7 juga merupakan yang paling dekat dengan gerbang masuk Curug Cilember dan menjadi tempat yang paling ramai dikunjungi. Kemudian Curug no 1 adalah yang paling atas lokasinya. Semakin ke atas maka semakin sulit karena meskipun kadang hanya terpisah 150-450 meter saja, jalur yang harus dilalui mendaki. Jalurnya memang sudah dibuatkan jalan setapak, kecuali yang mengarah ke Curug no 1 oleh karena itu air terjun paling atas ini merupakan yang paling jarang didatangi. (Sumber Res/Majalah Info Wisata Edisi Juni 2017).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here