fOTO iSTIMEWA

Satu Lagi trek atau jalur sepeda yang bisa memicu andrenalin. Cihideung Gravity Park. itu sebutan trek yang berada di kawasan lereng Gunung Salak, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor. Cihideung Gravity Park menjadi trek favorit para pencinta downhill. selain lokasinya yang tidak jauh dari kota Bogor dan trek ini relatif aman dan bisa dibilang trek wisata.

Trek sejauh kurang lebih 2.2 Km yang terletak di tengah-tengah perpaduan kebun sayur dan kebun teh ini didominasi oleh single track tanah merah, Tidak terdapat garden rock ataupun root section pada trek ini, sehingga para pesepeda dapat melalui trek ini dengan kencang.

Meskipun relatif aman, kewaspadaan dan kehati-hatian selama bermain downhill di Cihideung Gravity Parkwajib diutamakan. sepeda yang disarankan untuk dapat bermain di Cihideung Gravity Park adalah sepeda gunung tentunya Mountain Bike (MTB). (MTB) yang sangat dianjurkan adalah sepeda jenis Downhill, Freeride atapun All-Mountain. Sepeda Fullsus XC ataupun Hardtail tidak dianjurkan demi keselamatan dan kenyamanan bermain.

perlengkapan pelindung diri standar downhill wajib sifatnya, seperti helm full face, pelindung siku dan lutut, tidak seperti trek downhill yang lain yang banyak pohon-pohon tinggi, lebih dari 95% trek berada di tempat terbuka tidak tertutup pohon-pohon hijau yang menjulang tinggi. sehingga pada musim kemarau trek ini akan menjadi cukup panas. jadi apabila pada musim kemarau para pencinta downhill disarankan memakaui kacamata atau goggle. juga untuk melindungi mata dari debu-debu tanah merah yang berterbangan.

Fasilitas di Cihideung Gravity Park ini bisa dibilang cukup lengkap. pada saat masuk kita akan mendapatkan area parkir mobil yang cukup luas. lalu kita kita beristirahat atau bersiap-siap di sebuah “lounge” denga suguhan masakan rumah dan minuman segar dari pengelola. Sarana loadingnya pun bisa dibilang cukup mewah, menggunakan mobil Land Rover 4×4, karena hanya mobil 4×4 yang bisa naik sampai gerbang start.

Pengelola trek ini sangat ramah dan juga banyak melibatkan penduduk sekitar trek untuk mengelola arena ini. Bagi para pemuda bisa menjadi kru loading dan operator 4×4 nya sementara bagi ibu-ibu bisa membantu menyiapkan kuliner. terlebih lagi pada saat event semakin banyak keterlibatan penduduk sekitar dalam keberhasilan acara tersebut. jadi bisa dibilang dengan adanya trek ini dapat membantu perekonomian pendiuduk sekitar. (Sumber Majalah Info wisata/Day)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here