Kampung Cijulang RT.03 / RW.03, Desa Cadasngampar, Sukaraja, Kabupaten Bogor

Tempat wisata berbasis pertanian dan peternakan beberapa tahun terakhir ini banyak bermunculan dan salah satunya adalah Sentul Fresh Farm. Tempat ini sebenarnya sudah lama ada, tetapi memang baru dibuka untuk wisata edukasi anak-anak TK sampai SMA sejak tahun 2014. Selain itu, tempat wisata ini juga bisa dikunjungi oleh keluarga secara pribadi. Lebih baik jika kita menelepon dulu ke pihak Sentul Fresh Farm sebelum datang agar pengelola dapat mempersiapkan terlebih dahulu segala sesuatunya guna keselamatan pengunjung dan juga ternak. Rute menuju ke lokasi memang dijelaskan di situsnya, hanya saja memang agak sulit untuk mencapainya karena tidak ada papan petunjuk arah ke lokasi ini. Bahkan saat kita tiba di lokasi pun, sama sekali tidak ada papan nama yang menjelaskan bahwa lokasi tersebut adalah “Sentul Fresh Farm” yang ada hanya papan nama bertuliskan “Rumah Tahfidz” yang memang berada satu lokasi dengan tempat ini.

Berbeda dengan tempat wisata sejenis di mana dikenakan biaya masuk dan ada biaya terpisah per kegiatan atau mengikuti paket yang sudah ada, di Sentul Fresh Farm ini sekali masuk kita langsung dikenai biaya Rp100.000,-/peserta untuk paket wisata edukasi dan Rp200.000,-/keluarga dengan maksimal 4 orang anggota keluarga untuk paket keluarga. Jika ada kelebihan peserta, akan dikenai biaya tambahan Rp50.000,-/orang. Untuk semua paket ini peserta akan mendapatkan goody bag berisi susu dan yoghurt. Kegiatan yang bisa diikuti selama berada di sana antara lain, memberi makan ikan patin, ikan bawal, ikan nila, dan ikan lele sangkuriang. Ikan lele sangkuriang ini cukup istimewa karena ukurannya yang cukup besar, beratnya antara 8-10 kg. Anak-anak sampai takjub melihatnya. Kita juga bisa mengikuti atraksi menangkap burung merpati.

Jika berhasil menangkapnya, burung itu boleh dibawa pulang. Anak-anak sangat antusias berlari mengejar burung ini, tetapi sayang belum berhasil menangkapnya.Setelah itu, anak-anak berkeliling memberi makan rusa, kelinci, dan juga sapi. Selain itu juga ada edukasi tentang cara memerah susu sapi, serta proses pengolahan susu sapi menjadi yoghurt. Anak-anak juga bisa menunggang anak sapi di sini. Fasilitas yang tersedia di sini relatif cukup terawat dan bersih, ada pendopo sebagai ruang penjelasan, toilet yang bersih, masjid, dan arena bermain anak yang terletak dekat kebun rambutan.

Hanya saja di tempat ini tidak tersedia kantin, jadi lebih baik membawa bekal makanan dan minuman sendiri Lokasinya yang cenderung privat, sehingga cocok dan sangat aman untuk kunjungan sekolah atau tempat untuk menghabiskan akhir pekan bersama keluarga dan tempat yang seru untuk reuni. Untuk keterangan dan informasi lebih lengkap dapat langsung mengunjungi website mereka. (sumber Reza/majalah info wisata Bulan September 2017).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here